Nasi Uduk Betokaww…

Siapa sich yang gak kenal Nasi Uduk ? kita semua pasti kenal dan pernah mencicipinya. Mendengar namanya, bayangan kita teringat pada kepulan nasi putih berminyak (adapula Nasi Uduk yang kuning) yang diatasnya dilumuri sambel kacang, bihun, irisan telor dadar, potongan mentimun, dan bawang goreng.

 

Kita bisa makan Nasi Uduk…, kalau tidak Ibu kita yang buat, Istri kita, atau bahkan kita bisa membelinya dari para penjual yang banyak dijajakan di warung-warung tenda di pinggir jalan.

 

Bicara Nasi Uduk, pasti deh ada trade mark yang namanya Nasi Uduk Betawi, kalau judul di atas kenapa ditulis Nasi Uduk Betokaww…?, apa itu Betokaww…? Betokaww… artinya adalah Betawi, itu adalah bahasanya anak-anak prokem (gaul) tahun 80-an, satu contoh bahasa prokem lainnya adalah Nyokap (Ibu), Bokap (Bapak), Nyabak (banyak), Perwoken (Perawan), Toku (Tua), jadi kalau kita gabungkan kata ‘Perwoken Toku’ artinya adalah Perawan Tua (aya…aya…wae..).

 

Kembali lagi ke Nasi Uduk, koq bisa-bisanya diklaim namanya Nasi Uduk Betawi ? memangnya hanya orang Betawi saja yang punya Nasi Uduk ?, gak juga sich..,semua orang dari daerah lainpun juga bisa membuat Nasi Uduk berdasarkan selera masing-masing daerah, artinya adalah bumbu-bumbu yang digunakan disesuaikan dengan selera lidah masing-masing orang daerah yang bersangkutan.

 

Kesimpulannya adalah bahwa setiap daerah memiliki ke-khasan sendiri-sendiri dalam rasa Nasi Uduk yang dibuatnya.

 

Sepanjang pengamatan saya, kenapa ada trade mark Nasi Uduk Betawi ?, kelihatannya memang kebanyakan yang jual Nasi Uduk adalah roang-roang Betokaww… (orang-orang Betawi), jadi untuk menunjukkan identitasnya ditulislah pada kain warung tendanya dengan tulisan ‘Nasi Uduk Betawi’, trust di belakangnya ditambahkan dengan identitas nama penjualnya, misalnya Bang Mardun, Mpok Sopiah, Bang Nirin, Bang Syafei, Mpok Siti.

 

Sehingga kalau boleh saya deretkan terpampanglah tulisan-tulisan pada kain di warung-warung tenda itu dengan tulisan :

 

Nasi Uduk Betawi Bang Mardun…

Nasi Uduk Betawi Mpok Sopiah…

Nasi Uduk Betawi Bang Nirin…

Nasi Uduk Betawi Bang Syafei…

Nasi Uduk Betawi Mpok Siti…

………

Daftar berikutnya adalah tergantung siapa nama penjualnya yang akan buka warung Nasi Uduk Betawi tersebut.

………

Udah ahh.., saya sudah lapar  mau makan Nasi Uduk dulu , di warung Nasi Uduk Betokaww… Mpok Nori di depan pintu gerbang komplek..

 

Aya..aya..wae…

 

Mei 2008

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s